Senin, 20 Januari 2020

DEKLARASI ILMAN

Draft (disusun oleh Admin Grup FB ILMAN)

KOMUNIKE ILMAN 2011 PASCA REUNI LINTANG MAN 3 JAKARTA (1980-’92)

Bismillahirrahmanirrahim…

Komunike ini disusun sebagai batu pijakan untuk merevitalisasi induk organisasi alumni MAN 3 JAKARTA, baik dari segi kepengurusannya, para anggotanya, maupun aspek program kerjanya.

Adapun hal-hal yang ingin disampaikan melalui Komunike ini adalah sebagai berikut:
  1. DEKLARASI ILMAN
Pada tanggal 9 Januari 2011, ILMAN (Ikatan Alumni MAN 3 JAKARTA) telah dideklarasikan di hadapan tidak kurang dari 500 Alumni MAN 3 JAKARTA Lintas Angkatan (1980-’92) oleh Ketua ILMAN, Bang H. Imron Husein. Deklarasi menegaskan bahwa ILMAN adalah satu-satunya induk organisasi Alumni MAN 3 JAKARTA yang menjadi milik dan wajib dikelola dengan sebaik-baiknya oleh seluruh Alumni. Deklarasi ini kemudian diikuti dengan penandatanganan naskah deklarasi oleh Ketua ILMAN bersama dengan seluruh wakil Angkatan, perwakilan Guru oleh Bpk. Drs. H. Zainuddin Anwar, dan Kepala Sekolah MAN 3 Jakarta, Bpk. H. Sholehuddin Warto, S.Pd.I.

Para Penandatangan Deklarasi ILMAN adalah sebagai berikut:
  1. H. Imron Husein (Ketua ILMAN)
  2. Hj. Mursinah (Sekretaris ILMAN)
  3. Ade Jayadie N. (Ketua Angkatan ’80)
  4. H. Rifqi Saifullah (Ketua Angkatan ’81)
  5. Bahrozih (Ketua Angkatan ‘82)
  6. H. Syamlawi (Ketua Angkatan ’83)
  7. Muhammad Ikhsan (Ketua Angkatan ’84)
  8. Suyuti (Ketua Angkatan ’85)
  9. Sanusi (Ketua Angkatan ’86)
  10. Nanang Syaikhu (Ketua Angkatan ’87)
  11. H. Sihabudin Noor (Ketua Angkatan ’88)
  12. H. Jamaluddin Alamsyah (Ketua Angkatan ’89)
  13. Ali Mursalin (Ketua Angkatan ’90)
  14. Arfi Hatim (Ketua Angkatan ’91)
  15. Sabaruddin Murena (Ketua Angkatan ’92)

Selanjutnya diniatkan bahwa Deklarasi ini segera ditindaklanjuti dalam bentuk pengesahan secara legal-formal sesuai dengan aturan yang berlaku sehingga ILMAN dapat mewujudkan apa-apa yang menjadi visi, misi, dan tujuannya sebagaimana tertuang di dalam AD/ART.

2. KEPENGURUSAN ILMAN
Dengan adanya deklarasi ILMAN tersebut di atas, maka revitalisasi kepengurusan ILMAN adalah suatu keniscayaan yang tidak dapat dielakkan dan harus didukung oleh segenap Alumni MAN 3 JAKARTA guna mewujudkan cita-cita luhur dari ILMAN itu sendiri. Meski demikian, masih ada beberapa hal yang perlu dan harus disepakati antara Pengurus Inti ILMAN maupun segenap alumni terkait revitalisasi kepengurusan ini. Antara lain perlu-tidaknya pembentukan formatur untuk melengkapi personil demi untuk memacu gerak langkah yang sudah dimantapkan melalui deklarasi.

Revitalisasi ini dapat dikatakan mendesak sekaligus tantangan menarik, mengingat:
2.1. Tanggal pembentukan (Hari Jadi) ILMAN adalah …. 2009, sehingga terdapat jeda yang cukup lama di mana seharusnya ILMAN sudah menyelenggarakan program kerjanya.
2.2. Komitmen resmi dari MAN 3 JAKARTA untuk mendukung program kerja ILMAN.
2.3. Potensi asset yang luar biasa besar berupa seluruh alumni dan jaringannya.

3. HASIL YANG DIPEROLEH DARI REUNI LINTANG
3.1. Antusiasme dari seluruh alumni dengan rasa kebersamaan yang tinggi bukan hanya masing-masing angkatan, melainkan lintas angkatan.
3.2. Dukungan dari Dewan Guru
3.3. Dukungan resmi dari MAN 3 JAKARTA yang dinyatakan oleh Bpk. H. Sholehuddin Warto, S.Pd.I. (Kepsek MAN 3 JKT), dalam sambutan beliau pada acara reuni.
3.4. Pentingnya menghadirkan suatu database alumni secara komprehensif meski sedikit demi sedikit sekaligus menginventarisir status dan aktifitas alumni saat ini.
3.5. …

4. PROGRAM ILMAN KE DEPAN
Merujuk pada uraian di atas, maka dipandang perlu untuk mengadakan PERTEMUAN KONSOLIDASI guna menyusun kepengurusan maupun menyusun program kerja ILMAN ke depan. Para peserta pertemuan ini akan ditentukan oleh Ketua ILMAN dengan berkonsultasi dengan Dewan Pembina/Penasehat dan dibantu oleh Pengurus Inti (Wakil Ketua, Sekretaris, dan Bendahara ILMAN). Pertemuan ini akan dilaksanakan TERPISAH dari rapat pembubaran Panitia REUNI LINTANG.

Pada saat kunjungan ke kediaman Ketua ILMAN dalam rangka penyampaian Laporan Pelaksanaan REUNI LINTANG MAN 3 JAKARTA, Bang Imron berpesan bahwa program besar yang menjadi urat nadi ukhuwah di antara sesama Alumni MAN 3 JAKARTA adalah mewujudkan “Rumah Masa Depan” ILMAN yang sekarang masih berupa LAHAN KOSONG DI SASAK PANJANG, CITAYAM, yang merupakan wilayah tugas dari salah seorang Alumni MAN 3 JAKARTA yaitu Bang Lurah H. Syamlawi (’83).

Menurut penjelasan Ketua ILMAN, lokasi dengan luas …. hektar tersebut sebagian SUDAH DIHIBAHKAN kepada ILMAN dan sebagian lagi HARUS DIBEBASKAN. Oleh karena itu diperlukan dukungan dari seluruh Alumni MAN 3 JAKARTA untuk mewujudkan program nyata ini. Dukungan tersebut terutama berupa upaya bersama untuk pembebasan lahan sehingga dapat sepenuhnya dimiliki dan dikelola oleh ILMAN untuk kemaslahatan ummat, wa bil khusus dalam hal ini ALUMNI MAN 3 JAKARTA. Ditemani Istri tercintanya, Bang Imron juga menambahkan bahwa program ini bisa dikatakan bahwa ILMAN melakukan sesuatu yang positif bagi masyarakat sambil secara proaktif mendukung program pemerintah di bidang sosial dan pendidikan.

5. PROGRAM MASING-MASING ANGKATAN
ILMAN memberikan dukungan sepenuhnya bagi masukan-masukan program yang diberikan oleh masing-masing angkatan atau juga usulan lintas angkatan yang sifatnya lebih insidentil. Program per angkatan ini dapat berupa Gathering, Tour, Outbound, dan semacamnya.

Dengan demikian program-program yang dimiliki atau sudah disusun oleh setiap angkatan sangat disarankan untuk tetap berlanjut dan dipertahankan demi kesinambungan ukhuwah dan silaturahim. Kelak program-program ini juga akan menjadi nyawa yang ‘menghidupkan’ ILMAN sebagai induk organisasi Alumni MAN 3 JAKARTA.

6. Uang kas ILMAN (yth. abang/mpok/temans/adiks, mohon dilengkapi...)

7. …(yth. abang/mpok/temans/adiks, mohon dilengkapi...)

Demikian Komunike ini agar menjadi perhatian segenap alumni MAN 3 JAKARTA. Terima kasih atas kerjasama kita semua.

BRAVO ALUMNI MAN 3 JAKARTA! BRAVO ILMAN!

Walhamdulillahirobbil ‘alamiin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar